Rabu, 14 Desember 2011

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Mengatur Posisi Tubuh


Untuk menunjang suatu pekerjaan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak selalu keunggulan perangkatnya yang harus diperhatikan tetapi juga tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3), seperti pengaturan posisi duduk, pengaturan jarak pandang mata ke monitor,dan prosedur penggunaan perangkat komputer serta pemeliharaannya dengan baik dan benar.

Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer, seperti pada tulisan sebelumnya mengenai lelah ketika mengetik di depan komputer yang ‘diadopsi’ dari posisi ketika bermain piano. Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya. Bagaimana sich posisi sehat tersebut? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita terapkan.
Posisi Tubuh: Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.
Letak posisi Komputer:
Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita (seperti pada no 1).
Penggunaan Mouse:
Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus ketika ‘idle’.
Penggunaan Keyboard:


Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar selalu sejajar seperti terlihat pada gambar.
2. Memperkirakan jarak pandang dengan Monitor

Selain pengaturan posisi duduk,pengaturan jarak pandang ke monitor juga harus mendapat perhatian. Jarak mata ke monitor yang terlalu dekat atau terlalu jauh dapat mengakibatkan kesehatan mata terganggu. Agar kesehatan mata tidak terganggu akibat menggunakan komputer,maka yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

● Jarak pandang yang baik adalah 30-50 cm dari monitor.
● Posisi Monitor agar diatur sesuai dengan posisi kepala atau mata agar tidak terlalu menunduk atau mendongak.
● Penerangan ruangan harus cukup terang.
● Jika ada pengaman radiasi monitor,gunakanlah .
● Jika tidak ada pengaman radiasi monitor,aturlah intensitas monitor jangan terlalu terang atau gelap.

3. Menggunakan Komputer dan Teknologi Komputer Sesuai Prosedur



Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
pProsedur Mengaktifkan Komputer dan cara Menggunakan Komputer dengan baik.


* Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik.Komputer memiliki prosedur yang harus kita perhatikan. Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan komputer dengan benar.
Prosedur untuk mengaktifkan komputer dengan baik dan benar adalah:
* Hidupkan CPU (Central processing unit) dengan menekan tombol on atau power di casing.
* Hidupkan Monitor dengan menekan tombol on pada monitor.
2.Menjalankan Aplikasi

Setelah desktop muncul , kita bisa mulai menjalankan aplikasi. Aplikasi dapat dijalankan melalui Start menu (sebelah kiri desktop) ataupun dobel klik ikon shortcut pada desktop.
Kita dapat membuka lebih dari 1 aplikasi jika perlu , tetapi jika tidak terlalu perlu sebaiknya tidak terlalu banyak menjalankan aplikasi karena dapat memperlambat kinerja komputer.

3. Mematikan Komputer

* Tunggu hingga booting selesai, lalu akan muncul tampilan windows yang kita pergunakan. Prosedur untuk mematikan komputer dengan baik dan benar adalah:
* Klik tombol start yang berada pada taskbar.
* Lalu klik tombol Turn Off Computer.
* setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan yaitu : 1. Standbay,2 Turn Off,3.Restart.
* Nah anda pilih yang turn off.

Apa dampak yang timbul akibat mematikan komputer tidak sesuai prosedur?

- Komputer lambat merespon

- Merusak hard disk + data2 yang tersimpan

- Registry windows jadi kacau
Prosedur penggunaan komputer dengan benar, yaitu sebagai berikut :
1. gunakan penstabil tegangan (stabilizer) untuk mengurangi akibat buruk dari tegangan
listrik yang turun naik.
2. tata letak pemasangan kabel harus diperhatikan agar tidak semrawut
3. untuk menyalakan komputer, tekan tombol ON.
4. apabila anda menggunakan sistem operasi windows, masukkan usernamepassword-nya.
Akhiri dengan menekan tombol enter atau klik OK. Password ibarat kunci. Jika anda kehilangan kunci rumah, anda tidak akan dapat masuk ke dalam rumah. Demikian juga dengan password. Jika anda lupa password komputer anda, anda tidak akan dapat menggunakannya. beserta
Jika kunci dapat dibuat duplikatnya, tidak demikian dengan password. Meskipun demikian, orang yang iseng mengutak-atik komputer, dapat dengan mudah menduga suatu password. Oleh karena itu, pemilihan password harus memperhatikan hal-hal berikut :
a. gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, karakter, dan numerik.
b. Jangan memakai password tanggal lahir, tempat lahir, nama teman dekat, nama saudara anda karena nama-nama tersebut mudah sekali didug
a oleh orang yang akan membongkar password komputer anda.
c. Sebaiknya, password tidak sama untuk semua dokumen atau keperluan lainnya.
d. Ubah password secara berkala dan jangan menyimpan salinan password di sembarang tempat
5. setelah berada di desktop, anda siap menggunakan program aplikasi perangkat lunak (software), misalnya : Ms Word, Ms Excel, atau permainan (game)
4.Posisi duduk yang benar tepat saat didepan komputer

Bekerja di depan komputer sudah menjadi rutinitas bagi kita, baik itu pekerja kantoran ataupun bloggerseperti saya. Banyak dari kita yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, ketika duduk bagian manakah yang sakit ? pinggang, tangan atau hampir seluruh tubuh anda yang sakit ?
Salah satu sebabnya adalah mungkin posisi duduk kita yang tidak ergonomis. Sebelum membahas bagaimana cara agar bekerja didepan komputer lebih ergonomis mungkin mari kita baca ulang tulisan saya mengenai tips sehat bekerja di depan komputer. Tetapi kali ini saya lebih membahas bagaimana agar posisi duduk kita ketika bekerja lebih ergonomis dan nyaman.
Berikut 9 tips agar posisi duduk ketika bekerja di depan komputer agar lebih ergonomis dan nyaman sehingga bebas dari rasa sakit pinggang dan sakit lainnya :

1. Gunakan kursi yang berkaki banyak, misalnya kaki lima. Ini berfungsi untuk menjaga stabilitas dudukan dan keseimbangan badan.

2. Pastikan kursi anda berada di atas karpet atau alas yang tidak licin sehingga tidak goyang.
3. Disamping menggunakan kursi yang berkaki lima, sebaiknya gunakan kursi yang dapat memutar sehingga pekerjaan “ mobile “ anda akan lebih mudah.
4. Pilih juga kursi yang dapat di atur tinggi rendahnya. Ini tentunya agar fleksibel dengan ukuran tinggi tubuh penggunanya.
5. Gunakan juga kursi yang mempunyai sandaran di punggung sehingga dapat menopang punggung dengan baik, bila tidak ada sebaiknya gunakan bantal.
6. Gunakan monitor yang lebar.
7
. Atur senyaman mungkin resolusi monitor anda sehingga tidak melelahkan mata.
8. Pastikan tinggi meja dan kursi anda sesuai dengan tinggi tubuh anda.
9. Terakhir, pastikan lebar dudukan kursi sesuai dengan lebar bokong. Dapat di bayangkan ketika lebar dudukan kursi lebih kecil dari bokong anda ?

5. Cara Menjaga Mata Saat Menggunakan Komputer

Tahukah Anda bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.


Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Nah bagi Anda yang sering nongkrong di depan komputer, lindungi dan rawatlah mata Anda dari radiasi yang ditimbulkannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.


1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.


2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).


3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.


4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomis. Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.


5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.

Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak.

Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.

Jarang mengedipkan mata akan membu
at mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.

8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca.


Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. "Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain," ungkap Schlanger.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar